Langsung ke konten utama

Novel The Beginning After The End Chapter 359 (Bag 2) Bahasa Indonesia

 


Bab 359:  Potensial (Bag 2)

Jantungku berdegup kencang. Aku membenci permainan ini, tetapi merasa lebih kasihan pada wanita tua itu daripada diriku sendiri. Terlihat lebih jelas dari sebelumnya bahwa dia benar-benar berusaha membantu. “Ini ada hubungannya dengan apa yang Virion dan Windsom sembunyikan, bukan?”

Dia berbalik, menggeser tubuhnya ke bawah selimut. “Jangan terlibat, Nak. Ini adalah…situasi yang rumit. Instingmu dalam hal ini benar: pendam saja untuk dirimu sendiri. Apa pun yang kita pikirkan tentang apa yang telah terjadi, berselisih dengan Virion sekarang hanya mengarah pada malapetaka. Kita tahu kau tidak perlu menemuiku untuk mengetahui hal itu."

"Apa..." Aku melawan keinginan untuk mendesaknya tentang apa yang dia ketahui dan kapan dia mengetahuinya. Sepertinya selalu berakhir dengan aku merasa sangat kecewa. Tapi ketegangan menumpuk di dalam diriku sampai kata-kata itu keluar begitu saja. “Apa kau sudah tahu apa yang akan terjadi pada Tessia—padaku—sejak saat aku bertanya padamu tentang misi itu?”

Dia tertawa terbahak-bahak yang dengan cepat berubah menjadi batuk. “Setiap pilihan, setiap masa depan, semua mengarah pada satu hasil. Selalu selalu."

"Apa maksudmu?" Aku bertanya, bersikeras.

“Sudah takdir yang tidak terhindari bahwa Tessia akan berperan sebagai wadah senjata Agrona,” katanya, menutup matanya dan tenggelam kembali ke kursinya. "Yang bisa ku lakukan hanyalah berusaha mencari keadaan paling positif di mana sesuatu akan terjadi."

“Kau harusnya mengatakannya. Kau bisa saja memberi tahuku bahwa Tess tidak boleh pergi. Virion akan menghentikannya, dia—”

"Kau tahu masa depan yang terjadi jika aku melakukannya?" bentaknya, "karavan budak berhasil diselamatkan, tetapi Curtis Glayder memilih untuk tidak pergi ke Eidelholm untuk menyelamatkan sisa elf yang ditahan di sana. Salah satu wanita muda, saat memohon tuan barunya untuk tidak menodai dirinya, menawarkan informasi, satu-satunya hal yang dia ketahui: nama seorang pria yang telah membantu orang lain melarikan diri dari Alacryan."

“Mereka menemukannya. Kemudian mereka menemukan kita. Banyak dari kita mati. Dan Tessia tetap jatuh ke tangan mereka,” Rinia menyelesaikan dengan getir.

“Lalu bagaimana dengan Arthur? Mengapa memberitahunya untuk tidak membiarkan Alacryan menangkap Tessia?” tanyaku, suaraku sedikit serak saat menyebut nama kakakku. “Kenapa dia harus…harus…” Aku tersedak, berbalik dari elder untuk menyembunyikan air mataku.

"Karena belum waktunya," desahnya.

Aku menatapnya, air mataku mengering secepat mereka muncul ketika kemarahan dengan cepat mengambil alih. "Tapi dia mati!" aku marah. "Dan mereka tetap menangkap Tessia!"

“Aku tahu, Nak.” Dia mengulurkan tangan gemetar ke arahku, tapi aku bergeser beberapa inci lebih jauh, dan akhirnya tangannya perlahan jatuh. "Aku tahu."

"Apa itu takdirnya untuk mati?" Aku bertanya dengan tenang. “Apa itu harus terjadi?”

Rinia menggigil, gemetar pelan yang sepertinya mulai di dadanya dan menjalar ke luar hingga melewati jari kakinya. “Oh, bagaimana aku bisa tahu. Variabel yang tidak bisa diprediksi, itulah kakakmu. Aku tidak pernah bisa benar-benar melihat masa depannya, tidak seperti orang lain.”

“Itu selalu seperti permainan bagimu,” gumamku marah, amarahku semakin menguasaiku. “Arthur bukan bagian dari papan permainan. Dia adalah kakakku!” teriakku, lalu langsung merasa bersalah saat mata Rinia yang buta perlahan terbuka. "Maafkan aku."

Dia hanya menggelengkan kepalanya. “Tidak mudah, Nak. Ketika seluruh hidupmu adalah untuk memindahkan tongkat kecil yang mengambang di kolam, dari satu sisi ke sisi lainnya. Tapi kau hanya bisa menggerakkannya dengan melemparkan kerikil ke dalam kolam itu dan membiarkan gelombang air menggesernya. Dan masalahnya adalah — melakukannya dalam keadaan mata tertutup. Terkadang angin bertiup dan menghempaskan tongkat. Aku tidak berbeda. Jika satu mata terbuka, mungkin, aku bisa melihat semua tongkat kecil dan gelombang air yang menggerakkannya, tapi semua orang selalu mengganggu aliran itu dengan melemparkan batu mereka secara acak, mengacaukan seluruh peluang…”

Mengangkat lutut ke dadaku, aku meringkuk. Mataku panas, tenggorokanku terasa bengkak, tapi aku tidak membiarkan air mata jatuh lagi. Aku menggertakkan gigiku dan mencubit diriku sendiri. Air mata yang tertahan bukan untuk kakakku, atau Tessia, atau bahkan diriku sendiri... tapi semua orang, segalanya. Kesedihan yang mengakar telah menyelimutiku, dingin dan entah bagaimana terasa nyaman, seperti selimut salju. Aku merasakan tekanan, dorongan untuk melakukan sesuatu, untuk melawan dan mengubah banyak hal, memudar. Masalah dunia ini begitu besar, tidak ada lagi yang bisa ku lakukan untuk menyelamatkannya.

Menyadari bahwa mengikhlaskan memberiku semacam kedamaian.

Tapi aku tidak ingin putus asa. Aku tidak ingin menyerah, membiarkan orang lain berjuang untuk mendapatkan kembali masa depan kami sementara aku bersembunyi, nyaman dalam keputusasaanku.

Secara mental, aku memanggil Boo, dan sesaat kemudian tubuhnya yang besar muncul ke dalam gua, tepat di belakangku. Dia memenuhi ruangan yang kecil dan bisa dengan tidak sengaja mengacaukan barang milik Rinia, tapi dia sepertinya merasakan bahwa aku lebih membutuhkan kenyamanan daripada perlindungan; dia berbaring di belakangku, dan aku bersandar padanya, membiarkan jari-jariku merasakan bulunya.

“Wah, itu hal yang baru,” kata Rinia, seulas senyum di bibirnya.

Banjir kehangatan keluar dari intiku, menjernihkan pikiranku dan membakar selimut dingin yang membalutku.

"Beri aku harapan," kataku pelan. “Tolong Rinia. Dalam semua ramalanmu, kau pasti telah melihat secercah…”

Wanita tua itu mendorong selimut ke samping, membiarkannya jatuh ke lantai. Aku berani bersumpah aku bisa mendengar tulangnya berderit saat dia mulai berdiri, tetapi ketika aku bergerak untuk membantunya, dia melambaikan tangan. Setelah bangun dari kursinya, dia mengambil beberapa langkah lambat dan terseok-seok ke arahku, sampai dia bisa meletakkan tangannya di punggung Boo. Dengan sangat hati-hati, peramal tua itu mulai menurunkan dirinya di sampingku.

Rinia, kau tidak perlu—”

"Jangan pernah berpikir kau bisa memberi tahuku apa yang harus atau tidak boleh aku lakukan, Nak," bentaknya.

Aku membantu membimbingnya sebaik mungkin, sampai dia beristirahat di tanah di sebelahku, punggungnya bersandar pada Boo.

“Harapan tidak selalu merupakan hal yang baik,” katanya, sedikit terengah-engah. “Ketika hilang, itu bisa mematahkan semangat seseorang. Ketika salah, itu mungkin membuat orang untuk tidak menjaga diri mereka sendiri lagi.”

"Kalau begitu beri aku harapan yang nyata," kataku, meraih tangannya lagi dan meremasnya dengan sangat lembut.

Rinia bersandar ke samping sehingga kepalanya bersandar di bahuku. “Ada tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Dan aku tahu itu kapan dan di mana.”

***

Aku bersama Elder Rinia selama beberapa jam, akhirnya membantunya kembali ke kursinya, mengambilkan semangkuk sup untuknya, dan mengenang saat-saat ketika Ibu, Ayah, dan aku bersembunyi bersamanya di gua rahasia yang berbeda. Hingga akhirnya dia lelah, jadi aku membantunya ke tempat tidurnya dan pergi.

Pembicaraan itu membuatku lelah juga. Ada beban berat di atas kepalaku saat aku mengingat pembicaraan tentang ramalan Rinia tentang masa depan yang potensial dan memilih keadaan positif. Itu melelahkan pikiranku dan membuatku merasa kecil dan kekanak-kanakan. Tetapi kemudian aku mengingatkan diriku sendiri bahwa ketika Arthur berusia empat belas tahun saat dia pergi ke tanah para dewa, berlatih dengan para dewa untuk berperang dalam perang yang akan mengubah seluruh dunia.

Aku menepuk Boo saat kami mendaki tanpa suara melalui terowongan yang berkelok-kelok. "Keberatan jika aku naik, big guy?"

Guardian Bear itu mendengus setuju dan berhenti. Aku naik ke punggungnya dan mencondongkan tubuh ke depan untuk mengistirahatkan kepalaku, membiarkan diriku melayang di atas tubuhnya yang besar. “Apapun yang terjadi, kita akan selalu saling menjaga, kan Boo?”

Dia membalas dengan dengusan lagi.

“Sama seperti Arthur dan Sylvie, bersama sampai akhir.”

Dia gusar melihat perbandingan itu, membuatku tertawa.

Boo tidak membutuhkan bimbingan apapun dariku untuk menemukan Sanctuary, jadi aku memejamkan mata dan mengingat percakapanku dengan Rinia. Aku senang telah meninggalkannya dengan kesan baik. Melihatnya membuatku menyadari betapa sedikitnya waktu yang tersisa. Aku berharap dia bisa memberi tahuku lebih banyak tentang "tempat dan waktu yang tepat" yang terus dia bicarakan. Jika dia pergi sebelum waktunya tiba... Aku hanya bisa percaya bahwa dia tahu kapan hari akhir akan tiba.
 


Credit to Tapas as original english publisher. Support author dengan baca dan subscribe versi inggrisnya di tapas.
 
Suport admin:
Gabung ke Tapas menggunakan invite code AMIR280K untuk mendapatkan sekaligus menyumbang Ink!
 

Komentar

Posting Komentar